MUI Siapkan Fatwa Haram untuk Rokok

Majelis Ulama Indonesia sedang membahas kemungkinan dikeluarkannya fatwa haram untuk mengkonsumsi rokok. Seperti diketahui, sejak setahun lalu MUI terus mengkaji dan mempertimbangkan berbagai dampaknya, apabila nantinya fatwa tersebut dikeluarkan.

“Akhir tahun ini, kita akan membahas dengan sejumlah ulama, dan fatwa akan diberlakukan secara nasional jika dalam rapat tersebut menyetujui fatwa haram, ” kata Ketua MUI Amidhan di kantor MUI, Jakarta, Selasa (12/8).

Menurutnya, fatwa haram ini sesungguhnya bukan lagi hal baru di MUI, karena di beberapa negara telah menerapkan rokok sebagai barang haram.

Pada bulan Juli lalu, lanjutnya, telah diadakan rapat koordinasi daerah (rakorda) wilayah Sumatera yang telah menetapkan fatwa haram bagi rokok. Namun, menurutnya, ketetapan itu masih akan dibicarakan dengan sejumlah ulama dalam rapat ijtima. Sebelumnya Amidhan menambahkan, MUI Pusat telah menentukan fatwa makruh pada rokok, lima tahun yang lalu.

Sementara itu, Komisi Nasional Perlindungan Anak dan Ikatan Ahli Kesehatan pun mendesak MUI agar segera menetapkan fatwa haram bagi rokok. Untuk itu, Komnas Perlindungan Anak dan ikatan ahli kesehatan pun mendatangi kantor MUI untuk membicarakan tentang hal tersebut.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi berharap, dengan ditetapkannya fatwa haram bagi rokok akan menekan angka perokok di kalangan anak.

“Ini akan membentuk paradigma baru tentang bahaya merokok. Yang penting Pemerintah juga harus ikut tanggap dalam upaya ini, ” ujarnya. (novel)

***

http://eramuslim.com/berita/nas/8812141314-mui-siapkan-fatwa-haram-rokok.htm

8 Balasan ke MUI Siapkan Fatwa Haram untuk Rokok

  1. abusyafiq mengatakan:

    kita tunggu fatwa itu..

  2. mallponsel.com mengatakan:

    Kalau mau iklan jual – beli handphone silakan di http://www.mallponsel.com GRATIS dan tanpa registrasi. Silakan download juga beberapa software n game HP dan pda serta nada dering gartis.

  3. abaizzat mengatakan:

    @ abusyafiq

    Majelis Fatwa Kebangsaan Kerajaan Malaysia sdh sejak 1995 memfatwakan bhw merokok adl haram. Walaupun orang2 Islam Malaysia sendiri masih byk yg belum tau ato bahkan tdk mengindahkan fatwa ini. Di kedai2 pun rokok, masih dijual bebas. Jangankan kedai Cina/India, kedai2 milik orang Islam pun dg leluasa memajang dan menjual rokok yg haram tsb.

    Tp satu hal positif adl: Indonesia selalu kalah cepat sepertinya dlm hal2 spt ini dari negara jiran. Kononnya cukai dari perusahaan rokok cukup dpt menyehatkan bangsa.

    Baca juga:

    http://kptm.7.forumer.com/viewtopic.php?t=2271
    http://www.islam.gov.my/e-rujukan/lihat.php?jakim=495

  4. peterspeed mengatakan:

    kami siap melaksanakan fatwa tersebut walau kami perokok berat,………

  5. abaizzat mengatakan:

    @ peterspeed

    Alhamdulillaah, that’s great man!

  6. Abunaz mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr. Wb.
    Saya pribadi tidak setuju merokok diharamkan, krn tidak ada dalil yg jelas di Al quran, kecuali soal minuman keras. Kalo tetap difatwakan maka berarti MUI menggantikan Allah, padahal dalilnya tidak ada. Lagi pula dpt menuai kontroversi berkepanjangan dan menganggap MUI tidak kredibel. Bahkan dpt dianggap mendzalimi 20 juta jiwa pekera rokok dan tembakau yg kehilangan pekerjaan serta merugikan pajak rokok 50 triliun rp. Akibat hilangnya cukai 50 triliun maka Indonesia harus mneghutang lagi pada orang kafir (IMF). Begitukah ?

    Wass wr wb

  7. Abunaz mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr. Wb.
    Saya pribadi tidak setuju merokok diharamkan, krn tidak ada dalil yg jelas di Al quran, kecuali soal minuman keras. Kalo tetap difatwakan maka berarti MUI menggantikan Allah, padahal dalilnya tidak ada. Lagi pula dpt menuai kontroversi berkepanjangan dan menganggap MUI tidak kredibel. Bahkan dpt dianggap mendzalimi 20 juta jiwa pekerja rokok dan tembakau yg kehilangan pekerjaan serta merugikan pajak rokok 50 triliun rp. Akibat hilangnya cukai 50 triliun maka Indonesia harus menghutang lagi pada orang kafir (IMF). Begitukah maunya ?? Mohon dipertimbangkan secara bijaksana.

    Wass wr wb

  8. unyikz mengatakan:

    Yg ada hkum duniany sj org msh mau melanggar ex. mrampok, miras, judi, inex dll. Apalagi cuma penghrmn atas rokok yg notabene belum ada pidanany. MUI cm akan mmberatkn umat, haram sdh trjadi tp umat msh merokok. Jgn dipaksakan, cari solusi lain…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: