Menerangkan Berbagai Persoalan terhadap Kitab Fadhail Amal

Bismillaahi wal hamdulillaah..

Secara berkala insya-Allah daku akan tuliskan disini berbagai persoalan dari Kitab Fadhail Amal sebagai tatapan pembaca. Wahabi adl diantara yg paling getol menghujat kitab ini. Semua pertanyaan yg pernah ditanyakan orang lain termasuk oleh Wahabi, dijawab sendiri oleh Maulana Muhammad Zakariyya semasa hidupnya. Kami mengundang para Wahabi utk mengikuti semua jawaban yg telah diberikan oleh Maulana, semoga saja mereka tdk asal ngomong lagi. Baik juga, jika Wahabi membaca biografi Maulana Zakariyya, supaya mereka bisa mengaca diri sebelum ngomong sesuatu ttg ‘ulama.

Semuanya diambil dari referensi [Zakariyya, 2001], dan dalam penulisannya tdk mesti terurut spt yg ada di buku, mana yg paling hangat dibahas oleh Wahabi itulah yg akan didahulukan. Tag yg digunakan adl [Q&A Fadhail Amal].

Dari jawaban2 Maulana Zakariyya dlm buku ini, terlihat jelas ketawadlu’an beliau, ‘minta didoakan’, ‘menganggap diri hina’ adl diantara kata2 beliau yg banyak ditemukan di dlm kitab2 tulisan beliau. Berikut ikhtisar dari sampul belakang buku tersebut:

***

Kitab Fadhail Amal karangan Syaikhul Hadith Maulana Muhammad Zakariyya Kandhalawi rah. ini adl suatu penghormatan bagi seluruh kitab2 yg tercantum di dalamnya. Sejak diterbit dan diterjemahkan ke dlm berbagai bahasa, Kitab Fadhail Amal telah berjaya mengubah jutaan hati pembaca dan pendengar (menerusi halqah taklim) di seluruh dunia kpd cinta terhadap agama.

Banyak surat pertanyaan mengenai berbagai perkara dikirim kpd Maulana Zakariyya rah. dari org awam dan ahli agama utk penjelasan. Ada juga surat dan tulisan yg keras dan tajam. Namun beliau menjawab semua kata2 tersebut dg penuturan yg lembut dan bijaksana, diantara, halaman 79:

“…Menurut pengetahuan hamba ini tidak ada hadith lemah (dhaif) dalam Kitab Fadhail Namaz (Fadhail Shalat). Sungguh pun demikian, ada juga sebahagian riwayatnya yg dihukum dhaif. Akan tetapi dari awalnya telah dikatakan bahawa hadith-hadith yg terdapat didalamnya telah disepakati oleh para Muhaddithin boleh digunakan. Dan jika ada perbahasan atas riwayat hadith tersebut maka saya catitkan keterangan hadith itu dengan lengkap.”

Buku ini adl berkenaan surat2 pertanyaan dan jawapan beliau berkaitan dg Kitab Fadhail Amal, yg telah dikumpul dari masa ke semasa.

17 Balasan ke Menerangkan Berbagai Persoalan terhadap Kitab Fadhail Amal

  1. abu hanzhalah zevian mengatakan:

    Assalamu’alaikum…
    Duh segitunya antum memuja kitab Fadhail ‘amal dan penulisnya. Emang kalo seseorang itu menyimpang tidak boleh untuk dikoreksi? Masya Allah apakah antum akan menolak kritikan ‘ilmiyyah dari saudaranya sendiri?
    Coba terangkan dan bantahlah kalo apa yang kami kritik itu menurut antum tidak benar. Ummat perlu pencerahan akhy bukan hanya dengan pembodohan dan taklid buta terhadap seorang tokoh tanpa ia ketahui hakikat penyimpangannya.

  2. abaizzat mengatakan:

    @abu hanzalah zevian

    Wa’alaikumussalam,

    Perhatikan para pemirsa sekalian, gimana seorang pengikut Wahabi dalam menggunakan bahasa: “memuja”, “menyimpang”, “dikoreksi”, “kritikan”, “pembodohan”, “taklid buta” .

    Daku tdk pernah memuja Fadhail A’mal, yg daku puja hanya Allah Swt. Jangan ngomong klo gak ngerti apa yg di-omong-kan.

    “Menyimpang” dan “sesat” hanya layak ditempel pd jidat org yg sdh terkeluar dari ‘aqidah Islamiyyah, sdgkan ikhtilaf furu’iyyah adl perbedaan yg lumrah saja dlm dunia Islam. Tetapi dlm terminologi Wahabi, berbeda dlm hal furu’ pun akan distempel dg: “sesat”, “bid’ah”, “menyimpang”, etc.

    “Koreksi” adl kata-kata sombong bin angkuh bin arogan. Utk mengoreksi seseorang, pengoreksi itu haruslah sampai pd derajat keilmuan yg sama dg org yg dikoreksi spy koreksian-nya tepat dan dpt dipertanggungjawabkan. Adl sangat lucu jika org seperti anda mencoba utk mengoreksi ‘ulama spt Maulana Zakariyya. Spt yg dikatakan oleh Syaikh Nuruddin (lihat ceramah no. 2: https://abaizzat.wordpress.com/ceramah/), hanya karena baru membaca Bulughul Maram, puak-puak Wahabi menganggap ‘ulama2 zaman dulu tdk tau mengenai perkara2 tertentu dlm agama.

    >Ummat perlu pencerahan akhy bukan hanya dengan pembodohan dan taklid buta >terhadap seorang tokoh tanpa ia ketahui hakikat penyimpangannya.

    Siapa yg melakukan pembodohan? dan apakah ente TIDAK TAQLID? pasti ente taqlid juga sama ‘ulama’2 Wahabi, ayo ngaku saja, jangan malu2. Sekedar tahu dalil saja tdk berarti org itu tidak taqlid, dia masih taqlid juga. Org yg tahu dalil dan mampu meng-istinbath hukum dari dalil2 itu, barulah tdk taqlid. Kebanyakan muslimin di dunia ini (termasuk daku dan ente dan rekan2 ente) adl muqallid, ngaku saja, gak usah malu2.

  3. abu hanzhalah zevian mengatakan:

    @ Abaizzat ( yang aga sensi )
    Loh? emang sayah nulis kritikan/koreksi itu dari hawa nafsu sayah sendiri? Yang menjelaskan kan para ‘ulama Ahlussunnah. Kalo anta berusaha menutup mata dari setiap penyimpangan yang ada apakah itu tidak bisa dinamakan dengan Taklid buta alias Ta’ashub ? Kewajiban menyampaikan yang Haq oleh para ‘ulama sudah terlaksana tinggal HIdayah Allah dan sikap terbuka anta dalam menerima kebenaran saja yang menentukan.

    Taklid sama ‘ittiba itu beda ya akhy….
    Kalo yang Taklid ato Ta’ashub itu kan kalo sudah tau dengan jelas bahwa si fulan salah atao si ‘alan menyimpang tapi dia masih saja dengan semangat 45 nya membela dan tidak mau menerima ketika idolanya itu diterangkan oleh para ‘ulama kesalahannya.
    Coba perhatikan terminologi Taklidnya dulu…
    Taklid dalam artian mengikuti tanpa dali/hujjahl maka jelas itu terlarang. Tapi ketika seorang mengikuti kebenaran yang mana Alhaq itu datangnya dari Allah dan Rasulnya yang disampaikan oleh para ‘ulama Ahlussunnah maka apakah antum akan mengatakan itu juga terlarang karena itu sama saja dengan taklid?
    Allah yahdik..beda itu akhy….
    Sok lah..via email saja diskusinya. Jangan disini…
    ( Jangan memperlihatkan bahwa ” Nih Pemirsa bahwa saya nih yang paling benar ( walopun yang dia sampaikan itu g jelas dari mana hujjahnya ) “

  4. abaizzat mengatakan:

    @ abu hanzhalah zevian

    >Yang menjelaskan kan para ‘ulama Ahlussunnah.

    Bukan ‘ulama ahlus-sunnah, tp ‘ulama Wahabi. Semua ‘ulama dulu, Imam Mazhab Empat dan mereka yg mengikuti Quran dan Sunnah, adl ahlusunnah. Tp dlm terminologi pengikut Wahabi, ‘ulama ahlussunnah adl ‘ulama mereka sendiri.

    >Tapi ketika seorang mengikuti kebenaran yang mana Alhaq itu datangnya dari Allah >dan Rasulnya yang disampaikan oleh para ‘ulama Ahlussunnah maka apakah antum >akan mengatakan itu juga terlarang karena itu sama saja dengan taklid?

    Siapakah yg mengatakan terlarang? jgn asal ngomong.

  5. abu hanzhalah zevian mengatakan:

    Allahummahdini wa iyyaka. mungkin cukup sudah diskusinya..anta udah bersikap apatis duluan terhadap Manhaj salaf, Salafy, dan salafiyun hingga tiap masukan dan koreksian selalu antum bantah dengan kebencian.
    Nas ‘alullahu assalamah wal ‘afiyah..Barokallahu fiik.

  6. Abu Sikil Al Ngatsar mengatakan:

    salafy….
    baru bisa baca majalah aja udeh pandai bicara…

  7. Mukhtar Hasan mengatakan:

    assalamualaikum…………

    akhi siapa yg bilang dia itu ulama yg sebenar-benar ulama yg di katakan oleh nabi bahwa ” sesunggunya ulama adalah pewaris para nabi?”

    antum kan Jamaah Tablig yg suka Khuruj, ini perkara bid’ah yg di bawah oleh jamaah tablig ini.

    biasanya ahlul bid’ah itu tidak mau menampakkan mukanya. dia bertopeng ala orang sunniya.

    kritikan silahkan ke blog ana.
    ana tunggu

  8. okem mengatakan:

    orang tukang pempek maka dia itu tukang pembuat pempek maka pas dagang pun teriaknya pempekk..pempekk.. orang tukang bid’ah maka dia itu tukang pembuat bid’ah maka pas ngajipun teriaknya bid’ah bid’ahhh sampe2 kalo bukan golongan dia dibilang bid’ah……

  9. umair mengatakan:

    assalamu’alaikum abis baca semua artikel di atas ana mo ksih kmentar , bahwa jamaah tablig bukan sbuah nma tpi hanya julukan dari masyarakat, kalo antum pernah ke makassar org disana tidak jamaah tablig tpi jamaah jenggo2 dan tidak pernah slama ana pergi kluar daerah liat masjid yg tertulis mrkaz jamaah tablig coz kita sudah punya nama yaitu islam, jgn buat firqah2 lagi. mengenai masalah khuruj, yg ana tau itu hanyalah sebuah metode yg di buat para ulama yg klo ngga salah salah satu alasannya adalah buat ini umat belajar korbankan harta dgn dirinya , jujur kalau utk meniru seperti para sahabat yg mengorbankan seluruh waktu dan hartanya demi kemajuan agama ana tidak mampu. maka dgn metode seperti begini ana bisa belajar sedikit2 korbankan waktu dan harta utk ALLAH.jgn lekas katakan sesuatu itu bid’ah kalo kita tak punya kemampuan utk beri fatwa.kalo antum dpt fatwa itu lwat baca buku atau sumber lain, ana sarankan bertanyalah juga pada ulama yg lain seperti kata pepatah “jgnlah melihat suatu benda dari satu kacamata, tpi harus dari kedu2nya

  10. aburaudhah mengatakan:

    terimakasih atas informasinya

  11. abdullah mengatakan:

    tobatlah salafi wahabi karna perdebatan itu akan mengeraskan hati meningkatkan emosi.. karna kita ini umat yang satu yaitu umat yang terbaik jgn berpecahbelah.. karena kebenaran hanya milik allah S.W.T, jlankan menurut keyakinan kalian tanpa saling mengganggu apalagi sampai mengkafirkan. naudzubillah himindzalik.

  12. muhamd bin muhamad mengatakan:

    salam hormat
    lansung saja kenapa kalin itu berbantah bantahan tentang islam sedangkan islam ituh indah islam itu suci ilam itu yang telah mendapatkan ahk paten dari ALLAH SWT
    islam dulu dibawa oleh orang orang yang ahlak nya soleh hati nya suci ucappan nya membuat yang mendengarkan terpesona dan ter tarik . tetapi kenapa kalian yang mengaku islam tapi hati kalian seperti serigala yang ingin nya sling meyerang . lihatlah orang orang kapir mereka terus meluncurkan serangan serangan kepada umat islam dengan berbagai cara malahan ada yang langsung datang kerumah rumah mendak wahkan kasih sayang yesus padahl cara itu yang di pake oleh orang orang yang kamu angap mereka ahli sunah waljamaah mereka medatngi dari kampung kekampung dari kota kekota dari negri kenegri yang lain sehiga dikatakn islam telah menguasi dua per tiga dunia ? demi tuhan seandey nya kalou kalian mengaku pengikut MUHAMAD SAW mana bukti nya berapa kampung yang kalian selamat kan dari kekapiran berapa ribu orang yang telah enkau peringat kan karena meningal kan solat berjamaah berpakali kalian meyebarkan salam siratuh rami .ingat orang orang nasrani ,orang orang yahudi tidak takut dengan banyak nya jumlah orang orang islam tetapi mereka yang di takuti dari orang islam hanya dua salam dan amin .salam ketika saling bertemu amin ketika sedang solat . hay kalian jangan banga sebentar lagi islam akan hancur islam akan binasa kalu saja kalian tetap ingin menjadi orang yang paling benar ” lihat lah di sekeliling kalian sekarang umat islam telah mkeningal kan adat istiadat islam pelacur orang islam penjudi orang islam sapey koluptor orang islam kebanyakan nya ,sekali lagi kalian lihat disekitar kalian sekarang banyak wanita muslimah menjadi pelacur apa kalian tidaksadar wanita wanita kalian telah berani memperlihat kan aurat nya kepada umum kalian banga dengan itu ? coba kalian turun kejalan dan buktikan lihat di diskotik diskotik cape cape berapa peresen umat islam dan berapa peresen umat non islam .kalian telah tertipu dengan basa keritis haus dengan ilmu agama tapi kalian meningal kan saudara saudara kalian dalam kesesattan yang nyata pikir bagei mana supaya umat islam bersatu pikir bageimana supaya umat islam tidak terpecah belah .itu yang seharus nya yang ada di benak kalian, bukan hanya membahas golongan tetapi bagei mana umat islam bisa lagi berjaya dan menguasai dua pertiga lai dunia ,kecuali kalu kalian meridokan saudara saudara kalian akan kami jadikan nasrani dsan yahudi terimakasih salam damai . saya ariya yohanes surat komentar lansung aja ke gerejatua @yahoo.co.id

  13. Abdullah mengatakan:

    nk faham manhaj penulisan kitab fadhail amal maulana zakaria. Bacalah khatimah fadhilat solat…

  14. Denn mengatakan:

    Sala Fi itu Salah Fikir, buat apa buang waktu kpd orang2 yg begitu, kalo kita yakin apa yg kita lakukan ini benar, kerjakan saja, orang2 semacam itu biar Allah yg urus.

  15. mat ikrar mengatakan:

    assalamualaikum… kawan2..
    alhamdulillah saya telah dipilih allah ke ijtimak dunia di toggi banglades pada 22,23,24/01/2010 baru2 ini.. saya telah bertemu +-1000 orang dari malaysia dan +-2000 orang dari indonesia.. serta dari serata dunia berkumpul.. seramai hampir 5 juta orang yang hadir.. sebut sahaja nama negara di bumi ini semua ada wakilnya.. antara yang menarik ialah jika bilangan yang datang bukan dari negara arab 10ribu.. yang datang dari negara2 arab pula mungkin bilangan nya mencecah 20ribu.. dan kebanyakkan sahabat kita dari arab ini adalah mazhab wahabi.. namun tidak pula ada perbezaan pendapat atau mereka menuduh sahabat2 yang lain bid’ah.. jadi patut semua orang islam termasuk ahli salafi wahabi perlu ambil bahagian dalam kursus 3hari 40hari 4bulan (bagi ulama’ 1tahun) untuk betulkan iman kita sendiri.. cara rasululluh mendidik iman ialah kita perlu jumpa manusia untuk buang ego kita.. buat amal soleh, cegah maksiat.. buat untuk allah… kalau dalam hal dunia kita pergi kursus lama2.. untuk hal agama kita pergi kursus kejap 3h 40h 4b korban wang masa diri tinggal anak isteri.. allah pasti”’ bagi kita kefahaman agama separti sahabat2 rasulullah yang telah korban masa harta diri dan nyawa.. seterusnya di redhai allah di dunia lagi… untuk ini sapa sedia kursus baiki iman…

  16. adi mengatakan:

    Assalamulaikum wr wb
    abu hanzhalah zevian Sepertinya dari tulisannya yang paling Ahlu Sunnah hanya Abu hanzhala zevian yang lain semua tidak, seperti nya semua orang hendak di krtisisi sampai Imam Imam Mazhab yang 4 juga
    Yang jelas Imam Imam Mujtahid sudahter uji ke Imam_nya dan kepakaran nya dari jaman kejaman dan tidak ada yang menyangsikan (kecuali dari gol. pengikut Nejd yang sangsi pada Imam Iman tersebut) lain itu tidak demikian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: