Pandangan ‘Ulama tentang Syeikh al-Albaani

Beliau ialah Abu ‘Abd Rahman Muhammad Nasiruddin Ibn Nuh Najaati al-Albaani. Dilahirkan dlm sebuah keluarga miskin yg berpegang teguh kpd agama di bandar Asyquderah, Albania pd tahun 1914 M. Bapanya merupakan seorang bekas graduan dari Kolej Guaman, Istanbul. Akibat dari tekanan hidup disana, beliau bersama keluarganya berpindah ke Damsyik, Syria. Akhirnya memilih kota Amman, Jordan sebagai destinasi terakhirnya pd Ramadhan 1400 H.

Beliau mendapat pendidikan awal di sekolah al-Isa’af al-Khairiyah di Hayyu al-Bazuriyah, Damsyik. Selepas itu beliau menerus dan menamatkan pengajiannya disebuah sekolah baru berdekatan dg pasar Sarujah, Damsyik. Disamping mempelajari al-Qur’an, bahasa Arab dan Fiqh Hanafi daripada bapanya, beliau juga sempat mempelajari dg bbrp orang syeikh di Damsyik. Akan tetapi, Syeikh tersebut tidak dinyatakan di dlm terjemahannya[*]. Beliau mula berminat dg ilmu hadith ketika usianya lebih kurang 20 tahun. Paparan tulisan Rasyid Redha di dlm majalah “al-Mannar” dan metod yg dibawa oleh Ibn Taimiyah byk mempengaruhi dirinya.

Bertitik tolak dari sinilah, beliau mula membuat kajian berbentuk ulasan dlm ilmu hadith dg mengemaskini sumber hadith “al-Ihya ‘Ulum al-Din” yg telah disusun oleh al-Hafiz al-Iraqi. Usaha ini dijalankan oleh beliau di Maktabah al-Zohiriyah Damsyiq dg membahagikan masa enam hingga lapan jam sehari. Seterusnya hasil penulisan beliau dlm bidang hadith semakin bertambah dari semasa ke semasa. Antaranya ialah al-Silsilah al-Hadith al-Sahihah, al-Silsilah al-Ahadith al-Dhaii’fah, Sahih Sunan al-Nasa’ie, Sahih Sunan Ibn Majah, Sahih Sunan Abu Dawud, Sifat al-Solah al-Nabi, Sahih Tarhib wa al-Targhib dan lain-lain lagi. Hasil karya beliau ini menjadi rujukan utama oleh al-Salafiyah.

Golongan al-Salafiyah menganggapnya sebagai seorang tokoh yg agung pd abad ini. Mereka menobatkan beliau sebagai seorang tokoh al-Muhaddith al-Kabir, hampir sedikit sahaja lagi mencecah darjat Imam Bukhari di dlm ilmu hadith. Oleh yg demikian, beliau diberikan beberapa keistimewaan oleh al-Salafiyah khususnya dari Kerajaan Arab Saudi. Kelebihan itu termasuklah ditawarkan menjadi tenaga pengajar ilmu hadith di Universiti Islam Madinah.

Disamping berijtihad di dlm beberapa hal tentang hadith, beliau juga begitu berani melancarkan kecaman yg keras serta kritik2 yg pedas kpd Imam-imam hadith yg terdahulu. Buktinya, di dlm kitab “al-Silsilat al-Ahadith al-Dhai’if” (m.s. 479, jld. 3), beliau mencemuuh Imam al-Sayuti dg katanya “aneh sekali, lihatlah bagaimana al-Suyuti tdk segan meletakkan hadith ini di dlm kitabnya “al-Jami’ al-Soghir”.

Dalam tinjauan kita terhadap kitabnya yg lain “al-Ghaayat al-Maram” (m.s. 35), beliau mengecam al-Hafiz al-Zahabi katanya “lihatlah berapa byk perkara ini berlaku disebabkan kurangnya pemerhatian dan pengkajian beliau (al-Zahabi) yg mendalam.”

Pd sudut yg lain pula, iaitu di dlm kitab “Sahih al-Targhib wa al-Tarhib” (m.s. 166, jld. 3) beliau mengkritik dg keras Imam al-Hakim, Hafiz al-Munziri dan al-Zahabi katanya: “Kesemua mereka ini melakukan pekerjaan tanpa adanya tahkik (pengkajian) bahkan menyerahkan sesuatu perkara berdasarkan taklid (ikutan). Bagaimana mungkin seseorang muhaqqiq ingin mentashihkan (mengesahkan) isnad-isnad ini.”

Di dlm kitab “Silsilat al-Dhai’if” (m.s. 458, jld. 3) beliau menyifatkan al-Hakim dg katanya, “Sesungguhnya ini adl kesalahan al-Hakim yg sangat keji”. Beliau menyifatkan Ibn Hajr al-Asqalani dengan “tanaqudh” (bertentangan) di dalam “Silsilat al-Dhai’if” (m.s. 267, jld. 3). Banyak lagi contoh2 kritikan beliau terhadap para ‘ulama yg terdahulu yg tdk sempat kami kemukakan disini.

Namun begitu, alhamdulillaah.. kami berjaya utk membandingkan antara hasil karya beliau dg beberapa ‘ulama yg lain dlm mencari natijah. Kami manfaatkan fakta-fakta ini hasil tekun usaha Tuan Guru kami ‘Allamah Hasan al-Saqqaf. Beliau mengumpul “kriteria” al-Albaani ini di dlm kitabnya yg khusus yg diberi judul “kamus Syataa’im al-Albaani” (himpunan celaan al-Albaani).”

Walaupun golongan al-Salfiyah sekarang byk berpegang kpd hujjah al-Albaani, namun pegangan tsb langsung tdk mempunyai apa2 makna. Baik kpd teori ilmu mahupun praktikal secara amnya. Ini kerana perkataan atau ijtihad al-Albaani kebanyakannya tdk boleh dinilai-pakai sebagai hujjah. Selain pendapatnya sendiri bercanggah dg mazhab Hanafi, kita juga boleh melihat berapa byk hadith-hadith sahih yg dijadikan dalil dan hujjah di dlm mazhab fiqhiyyah ditad’ifkannya (dihukum lemah) oleh beliau. Bahkan berapa byk pula hadith dhaif, maudhuk serta mungkar ditashihkannya (dihukum sahih) pd waktu yg sama.

Al-Albaani juga seringkali mensahihkan hadith dan mentad’ifkan hadith dg matan dan sanad (rijal) yg sama. Tuan Guru kami telah mencatat sikap al-Albaani ini di dlm kitabnya “al-Tanaqudhaat al-Albaani al-Waadhihat” (kontradiksi al-Albaani yg jelas) sebanyak tiga jilid. Ia mengandungi 7800 hadith berserta rijal hadith (perawi). Insya Allah jumlahnya akan mencecah 10000 hadith hasil hukum tashih dan tad’if al-Muhadith al-Albaani. Tidakkah perbuatan ini mempermain-mainkan al-Sunnah? Sungguh ajaib sekali bagi al-Salafiyah yg mengiktiraf al-Albaani sebagai al-Muhaddith. Jika benar dia seorang Muhaddith, nescaya dia akan merujuk kembali perbuatan salah-lakunya itu. Namun, sejak dari beliau mula menulis sehinggalah beliau meninggal dunia pada 2hb 10 1990 yg lalu, kami tdk mendapati beliau mengakui kesalahannya ini. Sebaliknya para al-Salafiyah terus menyuburkan sifat fanatik dan ta’asub mereka terhadap pendapat al-Albaani.

Selain itu, al-Albaani juga melakukan ijtihad di dlm ilmu fiqh berdasarkan konklusinya terhadap satu-satu hadith. Antara ijtihadnya yg paling masyhur dlm masalah fiqhiyyah ialah menggerakkan jari telunjuk dlm sembahyang (tasyahhud). Perbuatan ini boleh kita lihat pd orang-orang Arab yg kurang arif dg ilmu agama dan pendapat mazhab.

Di dlm kitab “Sifat al-Solah”[**]-nya al-Albaani menyifatkan perbuatan menggerakkan jari (secara berterusan) itu adl sunat. Ini adl hujjah yg rapuh dan tdk terdapat di dlm pegangan mana2 mazhab. Bagi mazhab al-Syafi’ie, Imam Nawawi telah mengemukakan fatwa di dlm kitabnya “Fatwa al-Nawawi” bhw disunatkan menggerakkan jari telunjuk itu hanya sekali sahaja. Iaitu ketika menyebut lafaz (Laa ila ha illallaah) pd hamzah. Dalam soal ini, Tuan Guru kami telah menjawab hujjah al-Albaani di dlm kitabnya “Tahrik al-Isba’ fi al-Solah”. Rujuklah disana, mudah2an kalian mendapat petunjuk.

Selain Tuan Guru kami, pendapat al-Albaani juga turut mendapat kritikan yg hebat daripada para alim-ulama’ yg lain. Antaranya ialah ‘Allamah Syeikh Muhammad Zahid al-Kauthari, ‘Allamah Syeikh Abdullah al-Ghumari, ‘Allamah Syeikh Muhammad Zamzami al-Ghumari dan ramai lagi. ‘Allamah Syeikh Said Mamduh pula mengarang dua kitab khusus utk menolak pendapat al-Albaani. Kitab tersebut berjudul “Wusul al-Tahani” dan “Ta’adda al-Albaani fi Sahih Muslim” (kelampauan al-Albaani terhadap sahih Muslim). Al-Muhaddith Habib al-Rahman juga turut mengkritik al-Albaani. Kritikan itu beliau namakan “al-Albaani, kesalahan dan kesamarannya”. Manakala satu lagi kitab yg juga merupakan penolakan terhadap pendapat al-Albaani ialah “Bayan Auham Albaani” yg dikarang oleh al-A’d Salim Tayyim. Perbincangan yg disertai dg dalil dan hujjah didlm kitab2 diatas membuktikan kpd kita bhw beliau belum layak utk dianugerahkan sebagai al-Muhaddith. Wallahu a’lam.

Kesimpulannya, dakwah salafiyah al-Albaani ini sama sekali tdk menepati dakwah yg telah dianjurkan oleh para ulama’ salaf yg terdahulu spt Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’ie, Imam Ahmad, dan lain2. Semangat tradisional buta yg ditegakkan dlm aspirasi salafnya tdk membawa apa2 makna kepada kita. Sebaliknya hanya mampu menimbulkan huru-hara dan perpecahan sahaja. Kita boleh melihat uslub (gaya bahasa) yg digunakan oelh beliau di dlm kitab2nya. Kenapa kita harus berpedoman tanpa pegangan. Mana satukah yg menjadi pilihan, al-Salaf al-Zamaniyah (yg sebenar) atau Salafiyah yg disandarkan? Wallahu a’lam.

[*] Hal ini membuktikan bhw al-Albaani tdk mempunyai Tuan Guru. Bahkan pengisian ilmu ke dlm jiwanya hanya merupakan inisiatif dirinya sendiri.

[**] Kitab “Sifat al-Solat” al-Albaani ini telah diterjemahkan oleh Abdullah al-Qari dan telah dijual dikedai2. Berhati2lah di dlm kitab ini terdapat hadith2 yg mengelirukan hasil usaha al-Albaani. Kami mempunyai penolakan hujjah terhadap al-Albaani. Sila dapatkan terjemahan kami yg berjudul “Sahih Sifat al-Solah”, atau ciri2 sembahyang Nabi yg sahih. Buatlah perbandingan diantara keduanya.

***

Referensi:
* [Zamihan, 2001]

Artikel terkait:
* Penolakan ‘Ulama terhadap Albani
* Fitnah Albani
* Al-Albani: Concise Guide to the Chief Innovator of Our Time
* Al-Albani’s Weakening of Some of Imam Bukhari’s dan Muslim’s Ahadith
* Ibn Baz and al-Albani have ijazas?
* Who is Shekh Nasrudin Albani? Is he a reliable ulama? can we follow his fatwa? do you have a detail of his biography?

37 Balasan ke Pandangan ‘Ulama tentang Syeikh al-Albaani

  1. abu hanzhalah zevian mengatakan:

    Allah Yahdik…Semoga Allah memudahkanmu membaca daripada kitab-kitab Al Muhaddits Asy Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani Rahimahullahu Ta’ala sebelum anta menjiplak Hujatan-hujatan orang-orang yang mempunyai penyakit di dalam hatinya ke dalam blog anta ini. Masya Allah…

  2. abaizzat mengatakan:

    @ abu hanzhalah zevian

    Ente harus bisa membedakan antara “menjiplak” dan “mengutip”, daku tdk menjiplak, semua adl salinan dari tulisan Ust. Zamihan di dlm kitabnya.

    Ente dan semua Wahabi memang “istimewa”: anti-kritik, merasa tdk senang klo dinasehati orang lain, padahal kalian sendiri tanpa tedeng aling-aling mencaci-maki orang lain (termasuk kalangan ‘ulama ahlusunnah sejati), itulah karakter Wahabi di belahan manapun di dunia ini.

    Ente seharusnya sadar setelah membaca tulisan itu, betapa begitu byk ‘ulama ahlusunnah sejati dari kalangan muhadditsin yg telah menunjukkan kekeliruan al-Albaani. Semua manusia biasa bisa salah, termasuk al-Albaani. Tapi di lapangan, Wahabi menganggap semua org lain salah, al-Albaani saja yg betul. Sukar buat mereka utk menerima bhw al-Albaani pernah melakukan kekeliruan, dlm pandangan Wahabi: al-Albaani tdk pernah melakukan kesalahan dan kekeliruan, semua yg keluar dari al-Albaani semuanya betul, tiada cacat-cela. Itulah ‘ajibnya Wahabi.

    Daku jadi inget, orang dulu pernah mengatakan “kuman di seberang lautan jelas kelihatan, tapi gajah di depan pelupuk mata tidak kelihatan”. Frasa inilah yg tepat utk menggambarkan Wahabiyyun.

    • fakhri al-maliki mengatakan:

      akhi aba izzat, menurut ana cara bersikap syeikh al-albani rahimahullah, seperti imam ibnu hazm al-zhahiri al-andalusi, oleh karena itu para ulama berbicara tentang ibnu hazm rahimahullah bahwa ” lidah ibnu hazm seperti saudara kembar dengan al-hajjaj” karena kritikan ibnu hazm rahimahullah terhadap para ulama begitu tajam. tetapi terdapat perbedaan besar antar syeikh al-albani dan ibnu hazm, yaitu ibnu hazm adalah mujtahid mutlak dan itu diakui oleh para ulama, sedangkan syeikh al-albani bukan mujtahid mutlak sehingga tidak jelas metode yang dipakainya dalam berijtihad, tapi tugas umat islam adalah tidak terus2an mencaci atau menjelek2an yang sudah wafat dan kita hanyalah mendoakan orang yang sudah meninggal agar diampuni kesalah2annya!!

  3. abu hanzhalah zevian mengatakan:

    yah..susah kalo anta ini belum apa-apa udah antipati..nelan menta-mentah ucapan orang-orang yang dia itu cuma hasad dan dengki saja . lah wong anta sendiri aja kerjaannya menghujat…! Mana akhlaq anta yang katanya Firqah anta ini begitu gencarnya menyeru kepada akhlaq yang baik sebagaimana akhlaq Rasulullah..? wallahul musta’an…

    Salafiyyin tidak pernah taklid dan ta’ashub kepada siapapun hatta mereka para ‘ulama. Kami pegang perkataan ‘ulama yang sesuai sunnah dan kami meninggalkan perkataan mereka yang menyelishi sunnah. Contoh kecil saja dalam masalah fiqh shalat para ‘ulama berbeda pendapat misalnya dalam bersedekap ketika ‘itidal, mendahulukan lutut atau tangan ketika turun sujud, atau ketika berisyarat dalam duduk tasyahud. PAra ‘ulama berikhtilaf..tapi ini adalah ikhtilaf yang syar’i yang dilandaskan pada dalil. Dan kami tidak taklid terhadap satu ‘ulama dalam satu permasalahan fiqh, selama dia mempunyai dalil yang mendukungnya baik itu bukan dari syaikh al albani maka kita dilarang untuk berpecah dan berselisih hingga sampai tingkat hajr didalamnya. BUkannya ikhtilaf yang kalian maksudkan ikhtilaf dalam masalah aqidah dan juga manhaj…orang yang nyembah kuburan didiamkan..orang yang zikirnya bid’ah pake biji tasbeh didiamkan…orang ngadain acara tahlilan dan yasinan didiamkan…apa alasana kalian? itu bisa menimbulkan perpecahan..nanti umat lari dari dakwah ( dakwah opo? ) wallahul musta’an….

    kenapa ana katakan ente ngejiplak? karena ente tidak berusaha inshaf dalam menilai seorang ‘ulama. kalau kami tidak bisa begitu…ente udah baca blom kitabnya syaikh al-albani? coba ente cari cacatnya syaikh al-albani dan terangkan dan bantah dengan hujjah ‘ilmiyyah..bukan cuma ngomong doang! Ajiib..ada seseorang yang membantah syaikh al-albani tapi dia g tau syaikh albani itu siapa..kitabnya apa..karya-karya nya apa aja…! wallahu musta’an..y suadah kasi tau ana gimana bantahan ulama ahlusuunah sejati yang ente maksud ituh…

    • dimas diko mengatakan:

      ente memeng sombong,sama persis dg iblis laknatullah
      tobat lah………

      • aden tea mengatakan:

        klo albani bisa mendhoifkan hadist yang di susun imam bukhory, Imam muslim, annasai dll berarti albani lebih hebat hapalan serta ke juhudan dalam ilmu subhanallah bego sekali org yg mengikuti albani

  4. pelajar mengatakan:

    wah…Jadi gak mau toh syeikhnya dikritik…bebas kritik gitu yaa…

  5. pelajar mengatakan:

    wah…Jadi gak mau toh syeikhnya dikritik…bebas kritik gitu yaa…ya gak apa2 sih klo itu maunya…

  6. Khaylif mengatakan:

    Udah gak usah diladenin wahabi yang satu ini…
    kalo dia seh jelas hafal kitab2nya Albani wong santapannya tiap hari kok
    tapi..
    kitab2 ulama ahlussunah yang nggak wahabi pasti gak tau n gak pernah baca
    coba aja ganti ditanya
    hei Abu Hanzhalah loe tau gak Ibnu Araby?
    pernah gak baca kitabnya?
    padahal kalian para wahabiyyun kan suka menyesatkan bahkan meng”kafir”kan beliau..

  7. Lutfi mengatakan:

    abaizzat, khaylif … berhati2lah dalam memposting tulisan dan berkomentar, kecuali kalau anda yakin bahwa tulisan itu shahih. Anda berani bermubahalah ???

  8. Abu Tsabit mengatakan:

    Ya saudara Lutfi..di blog bolo salafi banyak postingan spt MEMBONGKAR KEDOK JAMAAH TABLIGH, JAMAAH TABLIGH SESATKAH?, STUDI KRITIS TERHADAP JAMAAH TABLIGH dll. Apakah ente yakin kalau tulisan2 itu shahih? Anda berani bermubahalah???

  9. cobalt_6982 mengatakan:

    Albani tidak mempunyai tuan guru?

    sungguh menggelikan….hihihihihi

    Sepengetahuan ku….gurunya sendiri yang berkata bahwasanya “Aq tidak mengetahui seorang pun di kolong langit ini pada masa ini yang lebih mengetahui Hadits dari segi Dirayah dan Riwayat daripada Al Albani”

  10. Abu Tsabit mengatakan:

    Mas cobalt, sepengetahuan saya tdk ada catatan sejarah tentang Albani mendapat ijasah dari slah satu ulama hadits sebelumnya. Kebanyakan muhaditsin belajar/mengambil pelajaran hadist dari ulama sebelum merekan dan mendapatkan ijasah dari para ulama tersebut. Sedangkan albani belajar hadits secara otodidak dgn menghabiskan waktunya di salah satu perpustakan di damaskus.
    Sepanjang pengetahuanku perkataan “Aq tidak mengetahui seorang pun di kolong langit ini pada masa ini yang lebih mengetahui Hadits dari segi Dirayah dan Riwayat daripada Al Albani” adalah perkataan Bin Baz. Di sisi lain ketika ditanya siapa mujahid akhir jaman, albani menyebutkan bahwa Bin Bazlah orangnya. Kesimpulannya para ulama Wahabi saling memuji satu dgn lainnya sehingga mereka kethok lebih mumpuni timbang ulama lainnya. Anyway, sy tetap respek terhadap kapasitas keilmuan ALbani dan Bin Baz.

  11. Haitan Rachman mengatakan:

    Kepada teman-teman,
    Assalamu ‘alaikum wr. wb.

    Ada satu artikel yang masuk ke dalam blog kami, dan hal ini berkaitan dengan Beliau, Syeikh Al-Banni, silahkan untuk dapat dipelajari. http://usahadawah.com

    Dan kami mempersilahkan untuk mempelajarinya, kepada siapapun, termasuk kepada kalangan salafi sendiri. Karena di dalam analisa kritis terhadap Syeikh Al-Banni memperlihatkan kontradiktif dalam pendapat-pendapatnya sendiri. Silahkan dipelajari dengan baik dan seksama.

    Tetapi sekali lagi, kita tetap untuk saling menghormati satu sama lain.

  12. Ujang mengatakan:

    Maz Sastro, kalo boleh ana minta semua artikel yg Mz tulis & artikel2 sejenis dibuat e-books & dibuat Bank Data biar bisa didonlot oleh qt2 supaya n bisa menjadi Service-Pack OS Pemikiran Muslim dari serangan Virus/Spam ganas yg lagi marak d dunia maya ini. AntiVirus juga khan hrs di up-date :)

    Ana khawatir virus2 perusak aqidah bs menyebar k kampung2 terutama kampung sy.

    Tks atas perhatiannya.
    Santri Kampung yg sangat peduli akan sodara2nya.

  13. rindurosul mengatakan:

    Assalamualaikum

    Mau silaturrahmi nimrung dan ikut berbagi, pengen belajar lebih dalam, ingin bertanya kitab karangan syeh segaff, tentang kontradiksi syeh albani, adakah bisa dipatkan?

    Salam persaudaraan pencari ilmu Cahaya Ilahi

  14. ahmad mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr wb

    Menanggapi mengenai permasalahan ini dari kacamata ana yang dhaif dan miskin ilmu ini. adalah hal yang wajar seorang manusia bisa salah, bahkan sekualitas seorang sahabat sekaliber Umar RA apalagi Syeikh Albani. Yang mesti menjadi pegangan bagi kita sesama muslim adalah kita tidak boleh mengambil ilmu hanya dari satu sumber golongan saja dan yang lain adalah salah karena di luar dari golongannya. Ana rasa apabila memang salah ya akui dengan lapang dada dan bila benar janganlah merendahkan yang salah. apabila tulus mencari kebenaran maka jangan seperti katak di dalam tempurung carilah kebenaran itu dari luar jangan dari dalam saja seperti Salman Alfarisi mencari kebenaran dari seorang Yahudi tetang sosok Nabi akhir zaman Muhammad Rasulullah SAW. Sekali lai al Haqqu mirrabikum dan kesalahan adalah pada diri ana yang dhaif.

  15. ahmad mengatakan:

    jangan bebalah lebih lanjut tentang sheikh nasaruddin ini ialah sila layar di laman ini al-fikrah.net/Forums/viewtopic/p=65970.html

  16. abu alfiyah mengatakan:

    Ass.ww.wb.
    Tinggalkan saling menbhujat,menjelekan,menjatuhkan sesama saudara muslim hbs potensi, pikiran , waktu kt utk hal yng begini sementara yahudi ,nasrani dan juga musuh islam terus berdakwah dan mengahancu8rkan islam smntra kt tdk pernh berbuat apa2,tdk prnh bersatu,kompak & satu hati pahmilah wahai saudaraku ini sebuah nasehat dari alfakir yg hnya mengharap umamat ini bersatu ,satu hati satu maksud satu tujuan mengharap ridho ilahi Amin

  17. syahbani mengatakan:

    Ass sesungguhnya mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim, tentunya harus didasari ikhlas dan butuh waktu, biaya dan ada suatu lembaga yang memang kompeten untuk mensyahkannya bahwa kita ahli ilmu dan semua ulma mengakui tengtang keilmuan kita karena sudah diuji coba dan dipraktekan ke semua umat dan umat mengambil mampaatnya atas ilmu tersebut, tetapi apabila yang mengambil mamfaat hanya golongan tertentu maka orang itu tidak bisa dikatakan sebagai ulama semua umat tetapi ulama golongan tertentu wjar dibela oleh gologan tertentu dan dipuji oleh golongan tertentu. Hal itu wajar koko nama kehidupan di dunia harus lapng dada . mohon maaf.

  18. faiq atsari mengatakan:

    penulis yg menjiplak tidak pernah mw mencari tau sypa sebnarnya al-albani,apakah mengikuti sunnah para nabi dam pemikiran para khulafaursyidin atau tidakk
    tp mnrt saya,.andah adalah org yg tak suka dagn benar2 sunnah atau ingakarussunnah

  19. ubay ibnu ahmad mengatakan:

    wahai saudara-saudaraku janganlah kalian saling “membunuh” keimanan kalian. karena salah satu bukti keimanan yang lurus mana kala bersatu dalam jamaah islamiyah (pengikut islam). Mari tuan-tuan yang mulia, kalian adalah calon para raja disurga. jangan jadikan surga yang sudah nampak tertutup dan tergantikan dengan deraian api yang panas membara gara2 perdebatan yang kurang bijak ini…jadikan perbedaan sebagai penyempurna agama kita. Tuan-tuan semuanya. abaikanlah pertengkaran ini dan sudahi perpecahan. Saatnya kita bersatu dan bangkit membangun umat…Ya Robb…satukanlah hati kaum muslimin..ampunilah dosa2 kaum muslimin…tolonglah kaum muslimin dari fitnah perpecahan ya Robb…

  20. anak SD mengatakan:

    1. Ada anak SD yg rajin baca buku diperpustakaan berani mengatakan banyak kesalahan yg dibuat dokter2 berkenaan dgn masalah kesehatan. Apa pendapan anda tentang anak ini??? Bandingkan dengan Al Bani???
    2. Pantaskan anak SD tadi digelar sebagai Dokter??? Pantaskan Al Bani digelar sebagai muhaddits???
    3. Seorang dokter tidak hafal 10 nama obat, apa yg terjadi??? pasiennya kemungkinan mati. Al bani mengatakan sendiri tidak hafal 10 hadits yg sanadnya bersambung kpd Rasullulah. Apa yg akan terjadi ya??? ummat akan tersesat.
    4. Ada hadits yg terputus sanadnya, hadits apa ya??? Ada yg menuntut ilmu sanadnya terputus, ilmunya, ilmu apa ya??? Artinya ilmunya tdk nyambung kpd Rasullulah
    5. Kalau belajar gak jelas gurunya??? Pernah saya tanya sm ulama. Katanya : “SAMA DGN BELAJAR SAMA SETAN” krn memehami dgn pendapat sendiri yg dituntun oleh setan.
    BERTOBATLAH……………………

  21. abu fadil mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr wb
    kok umat muslim seperti ini yaa…… saling menghujat… ana malu..

  22. Mbah syarief mengatakan:

    Inilah yg akan membuat islam tercerai berai masing2 mengaku paling benar dan saling mencaci dan menghujat.sebenar ada aliran syiah yg justru lebih berbahaya drpd yahudi israel laknatullah.sadarlah wahai saudaraku……..

  23. faez mengatakan:

    Setahu saya hanya nabi yang ma’sum dan tidak ada salah. Kenapa perlu hanya melebihkan melihat kesalahan dari kebaikan. Sekrang ramai ulama’ besar diserang hebat seperti Ibnu Taimiyah, Imam Syafi’i, Prof. Yusuf Al-Qardhawi sediri dengan hanya mengumpulkan kesalahan sahaja untuk memjatuhkannya. Mungkin dalam isu ini kita perlu hati-hati jangan sampai kita melaksakan tugas orientalis.

  24. abu ibrahim mengatakan:

    Akhi yg menulis web ini. SubhanaLlah. Anda telah membongkar kesesatan yg selama ini bukan Salafi saja yg terkena dampaknya. Akan tetapi umat yg awam.

    Semg setiap ada orang yg membaca web ini selagi ia ikhlas dan tdk taasub, maka pasti tersadarkan. Dan pahalanya akan mengalir terus pada anda.

    Sarat saya…pelihara dan update terus web ini dan Insya Allah akan menjadi bersih dari kebodohan.

    BarokaLlahu fiik.
    Wassalamualaikum.-

  25. abu ibrahim mengatakan:

    yah, buat Anak SD yg tdk tau agama memang tdk patut ada dlm pembahasan ini…

  26. insya Allah umat rosulullah mengatakan:

    Assalamu’alikum wr wb setiap perkataan n perbuatan akan dimintai pertanggung jawabannya…. dan hanya Allah yang maha tw kebenarannya…
    Laksanakan saja ibadah menurut ilmu dan keyakinan yg anda miliki…karena seseorang tidak akan dihukum karena ketidak tahuannya sembari terus menambah keilmuwan yg di miliki..
    Berhentilah saling menghujat n mencap sesat sesama muslim…itu haram hukumnya… Allah n rosul melaknat org seperti ini…
    Smoga Allah menerangi setiap jiwa-jiwa kita untuk menemukan kebenaran yg haqiqi menurut Allah n Rosulnya, bukan selain darinya.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    • kang abung mengatakan:

      saudaraku ya gimanpun tidak akan pernah bersatu antara antek yahudi wahabi (al Bani) dengan ahlusunah waljamaah. al Bani memang sudah ditakdirkan jadi pengacau umat, tukang mengkafirkan, tukang membidahkan.( antek Zionis)tidak punya guru hadis 1 orangpun. hanya menafsirkan al -Quran hadist menurut nafsunya. ane pernah saksikan di daerah kuningan Jawa Barat 6 orang ustad orang salafi wahabi dengan janggut tak terawat, celana cingkrang merukiyah orang (siswa) kesurupan ngak sembuh sembuh. sampai kertingitan baca Quran padahal diantara mereka katanya ada beberapa hafid. akhirnya datanglah ustad kampung hanya dengan membaca beberapa ayat pilihan dan shalawat nabi langsung sembuh. ana hafal betul daerahnya dan tempatnya. ini menujukan Allah tdk ridho dengan kesombongan orang salafiyun yang sok suci. nogobatin orang aja ngak becus. apalagi belajar hadis. msh kalah sama ustad kampung yg lusuh sederhana ngak neko neko. tapi berilmu. maka saudarku bentengi anak anak ahlusunah waljamaah dengan mengikuti Al Quran Sunah, ijma dan Qiyas. terus berzikir bersalawat. insayAllh Allah bersama kita yg memegang teguh ajaran Nabi para sahabat dan ulama.

  27. david mengatakan:

    BISMILLAAHIRROHMANIRROHIM.syaikh nasiruddin sepengetahuan ana tdk minta d juluki muhaadist,syaikh orang yg sederhana,ana bermanhaj salaf tapi ana tdk berani mengatakan ana salafi,justru orang yg menatakan ana salafy justru blm faham dg siapa salafi sebenarnya,janganlah kalian saling mencela krn itu perbuatan orang jahil,jangan menambah keruwetan umat dg taklit pd keterbatasan masayih dlm ilmu,dan jangan mencela para masayih krn beliau dah bersungguh2 dlm berijtihat fdan mapan dlm ilmunya,sedangkan kita apa dan siapa,coba kita hisab diri kita masing2 layakkah kita mencela ahli ilmu,biarkan mereka sesuai dg ilmu dan keadaan masing2,kita hrs ttp tolabul ilmi.

    • fakhri al-maliki mengatakan:

      benar akhi, justru yang mengatakan ana salafi malah membuat firqoh2 sendiri, karena yang namanya salafikan mencontoh ulama terdahulu yaitu shahabat,tabi’in dan tabi’ tabi’in. tugas kita sebagai ahlussunnah yaitu saling nasehat menasehati…

  28. Nur Hamzah mengatakan:

    sekarang kita tinggal memilih saja mau ikut yg mana toh kebenaran hanya milik Alloh dan akan dipertanggung jawabkan semuanya

  29. FAHRIZAL BATAM mengatakan:

    assalamualaikum,ya ikhwan
    saran ane nih kita dalami lg ilmu keagamaan kite ye,karena semakin dalam semakin nampak yg mane yg menyimpang,betul ape betul???,terusnye bg yg yg salafi jgn lah mengkafirkan org lain …takutnya kita sendiri yg kafir….”ma yalfizu min ladaihi illa roqibun wa atiid.

    wallahu a’lam.”syukran”

  30. ahmad assegaf mengatakan:

    pada tidak tahu sejarah,,ujung2nya saling mencela,,orang memperjuangkan sunah,dituduh golongan,nagkunya ahlu sunah bahasanya,tutur katanya,,sungguh menyedihkan,astagfirulloh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: